Selasa, 20 November 2018

7 Tokoh Batik Indonesia


1. Edward Hutabarat
Pria asal Tarutung, Sumatera Utara ini adalah perancang busana terkenal. Dalam merancang pakaian batik, Edward yang akrab disapa Edo ini bekerjasama dengan para perajin batik. Edo bolak-balik ke Cirebon dan Solo untuk mendapatkan kain batik berkualitas. Edo pernah mengadakan pagelaran busana, dan hasil penjualannya disumbangkan untuk renovasi Museum Art Galery di Keraton Surakarta.








2. Iwan Tirta 
Pria yang lahir tahun 1935 dan wafat tahun 2010 ini seluruh hidupnya didedikasikan untuk batik. Dia terkenal sebagai perancang batik. Karyanya pernah dipakai oleh para kepala negara pada pertemuan APEC tahun 1994. Tak hanya itu. Dia juga mengembangkan batik khas Indonesia dengan cara memberi pendidikan tentang batik, penelitian, pengembangan filsafat batik, dan promosi hingga ke mancanegara.


3. Bagong Kussudiarjo

Karyanya berupa lukisan batik kontemporer. Selain berkarya di dunia batik, Bagong Kussudiarjo juga terkenal sebagai koreografer. Selama hidupnya, tercatat telah menciptakan 200 tarian tradisional.













4. K.R.T Hardjonagoro


Lebih dikenal dengan nama Go Tik Swan. Sejak kecil dia diasuh oleh kakeknya, seorang pengusaha batik di Solo. Oleh karena itu, Go Tik Swan akrab dengan tukang cap, anak-anak yang membersihkan malam, orang-orang yang mewarnai batik dengan soga, dan orang-orang yang membuat motif batik menggunakan canting. Dari sinilah Go Tik Swan akhirnya menjadi pelopor Batik Indonesia. Dialah yang menggali ide membuat pola batik dari pola-pola batik pusaka, atas anjuran Soekarno, Presiden RI yang pertama.










5. Ibu Sud


Meskipun namanya lebih dikenal sebagai pencipta lagu, Ibu Sud (Soed) adalah tokoh yang piawai dan berasa dalam dunia batik di Indonesia.












6. Eman Suparman


Profesinya sebagai dosen dan guru besar. Dia telah menulis berbagai karya ilmiah, dalam bentuk buku dan jurnal, baik lokal maupun nasional. Profesi lainnya yaitu Ketua Asosiasi Batik Indonesia.












7. Tuty Cholid


Perancang ini memiliki keunikan tersendiri. Dia menyadari bahwa Indonesia kaya akan budaya seni. Hasil rancangannya pun selalu bertema etnis Indonesia. Konsep yang dibawa adalah kemewahan yang bersahaja. Oleh karena itu, di tangan wanita ini, sehelai kain batik dapat bernilai tinggi dan memiliki nilai estetika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar